Select Menu

Iklan 1080x90

SaintekSIROH

PKS BERKHIDMAT UNTUK RAKYAT

BERITA SIAK

FIQIH

SIROH

Kesehatan

Saintek

Video Pilihan

» » Gubernur Sumbar Bantu Peternak Sapi Melalui Program CSR

Gubernur Sumbar Bantu Peternak Sapi Melalui Program CSR


By: Abul Ezz Selasa, 22 April 2014 0


pkssiak.org - Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Irwan Prayitno menggunakan program Corporate Social Responsbility (CSR) sebagai alternatif pendanaan peternakan. Karena itu diharapkan terjalinnya komunikasi dan kesepahaman antara pemerintah dengan perusahaan yang menjalankan program CSR untuk pelaksanaan pembangunan di bidang peternakan. Untuk itu, dilakukan pertemuan dengan peternakan di Sumbar yang membicarakan investasi dan sumber pembiayaan (CSR/PKBL) usaha peternakan, dilangsungkan di Basko Hotel Senin (21/4).

"Bagaimana pengembangan peternakan yang saling menguntungkan semua pihak. Pemerintah daerah berkeinginan sekali peternak maju, hal ini dapat mengurangi kemiskinan masyarakat," ujar Irwan dalam rilis yang diterima PKS Nongsa.

Irwan mengharapkan satu petani satu sapi program pemerintah provinsi. Filosofinya setiap petani beternak sapi 3 sampai 5 bahkan lebih.

"Yang tidak kita harapkan petani yang tidak beternak," katanya.

Di Sumatera Barat lahan untuk peternak sekitar 3,2 juta hektar dan masih banyak peluang untuk memelihara sapi. Kemudian sapi dibutuhkan berskala internasional. Bahkan pemeliharaannya tidak sulit, menguntungkan petani cara kerjanya pun tidak terlalu sulit.

"Dengan potensi besar itu bagaimana memanfaatkan bank-bank yang ada dan kita pun harus pro aktif, lagian kita kan ada perusahaan jaminan sudah kita buat “Jamkrida”," ungkap Irwan.

Di Sumbar mempergunakan dana APBN, Koperasi dan perbankan tidak cukup, bahkan dari sumbangan perantau telah diberdayakan untuk membantu sanak kemanakan di kampung. Gubernur berharap masyarakat memanfaatkan BUMN melalui CSR nya dalam membantu perternak.

"Sementara, kita tawarkan buruh yang bekerja di lahan sawit yang masih kosong untuk memelihara sapi. Ini banyak manfaatnya menyuburkan sawit, bahkan pelepah sawit pun di makan oleh sapi, tentu hal ini melalui CSR perusahaan tersebut," katanya.

Irwan juga mengajak perusahaan yang ada di Sumbar untuk membuat program kemitraan yang berbentuk sapi.

"Ini potensi yang sangat luar biasa apabila dapat kita kembangkan dengan baik. Kita dari pemerintah provinsi juga sangat menyayangkan pada acara tersebut tidak seluruhnya perusahaan yang hadir," tuturnya.

Irwan berjanji akan menyurati perusahaan-perusahaan tersebut untuk membicarakan hal serupa.[dm/pksnongsa]



DPD PKS Siak - Download Android App


«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
0 Comments
Tweets
Komentar