Select Menu

Iklan 1080x90

SaintekSIROH

PKS BERKHIDMAT UNTUK RAKYAT

BERITA SIAK

FIQIH

SIROH

Kesehatan

Saintek

Video Pilihan

» » Gubsu Dukung Kualanamu Jadi Bandara Aerotropolis

Gubsu Dukung Kualanamu Jadi Bandara Aerotropolis


By: Abul Ezz Jumat, 21 Februari 2014 0


pkssiak.org, MEDAN - Pemerintah Provinsi Sumatera Utara mendukung pengembangan Bandara Internasional Kuala Namu menjadi modern airport berkonsep bandara aerotropolis. Konsep yang menggabungkan antara airport city dengan kawasan yang terintegrasi ini akan memberi efek berganda mendorong pertumbuhan ekonomi Sumatera Utara. Dengan lokasi yang strategis dan areal yang masih luas  Kualanamu lebih berpeluang dikembangkan menjadi bandara aerotropolis seperti di Eropa dan Amerika Serikat.

Gubernur Sumatera Utara H Gatot Pujo Nugroho mengungkapkan akan mendukung sepenuhnya rencana PT Angkasa Pura untuk menjadikan Kualanamu sebagai model Bandara Aerotropolis di Indonesia. “Kami menyambut gembira rencana ini dan akan dukung penuh rencana ini,” ujar Gubsu saat menerima audiensi PT Angkasa Pura II yang dihadiri Direktur Keuangan Laurensius Manurung , Direktur Operasi Kebandaraan Endang A Sumiarsa, General Manager KNIA HT Said Ridwan, ST, MM dan Liason Officer Kehumasan HM Wasfan W Widodo di Kantor Gubsu.

Gubsu mengungkapkan bahwa pihaknya memang sudah memiliki visi pengembangan Kualanamu yang diintegrasikan dengan Pelabuhan Belawan. “Kita menginginkan KualaNamu terintegrasi dengan Kawasan Belawan, dengan dukungan kawasan bisnis dan perumahan sehingga menjadi kota baru,” kata Gubsu.

Laurensius dalam kesempatan itu menjelaskan kepada Gubsu bahwa Kualanamu akan dikembangkan sebagai pintu gerbang utama Indonesia dengan konsep Aerotropolis. Menurutnya peluang keberhasilannya lebih besar, mengingat kawasan bandara Kuala Namu masih memungkinkan dikembangkan. Berbeda dengan Bandara Soekarno Hatta yang sulit dikembangkan karena minimnya lahan dan sudah banyaknya pembangunan dilakukan di sekitar kawasan.

“Berbeda dengan Kuala Namu yang masih memungkinkan untuk dikembangkan dengan Konsep modern airport. Kombinasi antara airport city dengan kawasan yang terintegrasi, yang menjadikan aerotroplois,” kata Manurung. Kawasan aerotropolis ini, tambahnya, akan memberikan multiplier effect yang besar bagi perekonomian daerah.

Namun untuk mewujudkan konsep Aerotropolis tersebut diperlukan disinergikan dengan Peraturan Daerah tentang Rencana Tata Ruang Wilayah. Konsep pengembangan Kualanamu sebagai bandara aertropolis  hendaknya masuk dalam RTRW Provinsi Sumatera Utara yang saat ini dalam proses finalisasi.

Dijelaskannya, bandara akan memberikan kontribusi 5 persen bagi Produk Domestik Bruto (PDB) daerah. Namun apa bila dengan konsep Aerotropolis, akan memberi dampak multiplier effect yang tinggi bagi perekonomian daerah sehingga dapat memberi kontribusi diperkirakan 15-30% bagi PDB daerah.


*gatotpujonugroho.com


DPD PKS Siak - Download Android App


«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
0 Comments
Tweets
Komentar

Tidak ada komentar

Leave a Reply

Komentar sehat anda..