Select Menu

Iklan 1080x90

SaintekSIROH

PKS BERKHIDMAT UNTUK RAKYAT

BERITA SIAK

FIQIH

SIROH

Kesehatan

Saintek

Video Pilihan

» » Kenaikan Harga LPG, FPKS : Pemerintah Harus Buat Mekanisme dan Terobosan

Kenaikan Harga LPG, FPKS : Pemerintah Harus Buat Mekanisme dan Terobosan


By: Abul Ezz Minggu, 05 Januari 2014 0

pkssiak.org, Jakarta - Anggota Poksi VII Fraksi PKS DPR RI M. Idris Lutfi meminta pemerintah membuat mekanisme dan terobosan baru agar kenaikan harga LPG 12 kg yang diberlakukan per 1 Januari 2014 tidak berdampak negatif pada masyarakat. Idris khawatir jika tak ada mekanisme yang jelas dan terobosan baru, pengguna LPG 12 kg akan pindah ke LPG 3kg sehingga mengakibatkan kelangkaan.

“Pemerintah bisa membuat terobosan varian tabung LPG, misalnya ukuran 5 kg atau 8 kg agar pembelian tidak memberatkan. Selain itu harus ada mekanisme lain yang dibuat agar masyarakat tidak pindah ke tabung 3 kg dan mengakibatkan kelangkaan,” ungkap Idris.

Pertamina per tanggal 1 Januari 2014 telah menaikkan harga LPG 12 kg serentak di seluruh Indonesia. Kenaikan ini rata-rata mencapai Rp 3.959 per kg atau sebesar 68%.  Besaran kenaikan bervariasi karena berdasarkan jarak SPBBE ke titik serah (supply point).Kebijakan ini diambil Pertamina karena dollar terus naik dan harga pokok perolehan elpiji di pasar dunia telah menyentuh Rp 10.785/kg. Pertamina mengaku telah mengalami kerugian sebesar Rp 22 triliun karena menjual LPG 12 kg lebih rendah dari harga yang seharusnya.

Idris menilai kenaikan LPG ini memang wajar mengingat dollar dan harga pokok LPG yang terus naik. Terlebih Pertamina telah mengajukan kenaikan sejak setahun yang lalu namun sempat ditunda karena adanya kenaikan BBM.

“Jika tidak dilakukan Pertamina akan terus merugi, namun seharusnya jangan langsung naik 68%, bertahap dulu 30% misalnya agar masyarakat tak terkejut seperti saat ini,” tutur anggota DPR asal Sumatera Utara ini.


DPD PKS Siak - Download Android App


«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
0 Comments
Tweets
Komentar

Tidak ada komentar

Leave a Reply

Komentar sehat anda..