Select Menu

Iklan 1080x90

SaintekSIROH

PKS BERKHIDMAT UNTUK RAKYAT

BERITA SIAK

FIQIH

SIROH

Kesehatan

Saintek

Video Pilihan

» » » Inilah Skenario Politik dari Isu Kenaikan Elpiji Versi Ray Rangkuti

Inilah Skenario Politik dari Isu Kenaikan Elpiji Versi Ray Rangkuti


By: Abul Ezz Rabu, 08 Januari 2014 0

pkssiak.org, Jakarta - Keputusan PT Pertamina menaikkan harga gas elpiji 12 kg di awal tahun 2014 menimbulkan kontroversi. Direktur Lingkar Madani (Lima) Ray Rangkuti melihat kasus tersebut punya skenario politik dengan dua target skaligus.

Target pertama, kata Ray, menjadikan partai-partai koalisi sebagai `pahlawan`. Sebab, sejak awal kemungkinan telah dibuat skenario untuk menaikkan harga elpiji. Namun,  begitu diumumkan oleh Pertamina rencana kenaikan itu, partai-partai yang sebelumnya mendukung justru minta dibatalkan.

Lalu, apa yang menjadi target partai-partai itu? "Targetnya agar partai-partai itu terlihat pro rakyat,  dan sensitif terhadap kehendak publik. Dengan begitu,, mereka berharap dapat menaikkan popularitas dan elektabilitas partainya," ujar Ray Rangkuti dalam perbincangan dengan edisinews.com, Minggu (5/12/2014).

Ray menuding Partai Demokrat dan PAN yang belakangan menolak keras kenaikan harga elpiji. Padahal, sebelumnya, kedua partai ini mendukung atau setidaknya membiarkan Pertamina mengambil sendiri kesimpulan menaikkan  harga gas elpiji. "Kini, setelah Pertamina menaikkan harga dan dan terlihat ada amarah rakyat, kedua parpol ini buru-buru balik badan seolah tidak mendukung kebijakan tersebut," lanjut Ray.

Lebih dari sekadar menolak kenaikan, Demokrat dan PAN bahkan mengecam Pertamina yang dianggapnya tidak sensitif dengan beban masyarakat.

Target kedua, adalah menjadikan Menneg BUMN Dahlan Iskan sebagai sasaran tembak agar namanya tercemar. Target ini, papar Ray, tak lepas dari makin kokohnya nama Dahlan sebagai pemuncak dalam berbagai survei kandidat capres Partai Demokrat. Sementara nama yang digadang-gadang nampaknya  tak juga mendapat dukungan positif dari masyarakat. "Nama Dahlan  dibuat buruk di masyarakat, ada kemungkinan nama-nama yang diinginkan terpilih dalam konvensi akan makin mudah dinominasikan.

Sebagaimana diberitakan, dalam rapat terbatas Minggu (5/1/2014), Presiden SBY minta agar Pertamina meninjau ulang kenaikan harga elpiji. Sikap yang sama diperlihatkan oleh PAN dan partai koalisi lainnya. Padahal, kenaikan harga gas elpiji 12 kg telah berlaku sejak 1 Januari 2014. Dan Partai-partai itu tampak tidak melakukan penolakan. (edisi/hs)


DPD PKS Siak - Download Android App


«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
0 Comments
Tweets
Komentar

Tidak ada komentar

Leave a Reply

Komentar sehat anda..