Select Menu

SaintekSIROH

PKS BERKHIDMAT UNTUK RAKYAT

BERITA SIAK

FIQIH

SIROH

Kesehatan

Saintek

Video Pilihan

Kamis, 18 Juli 2013

Gubsu Ajak India Berinvestasi di KEK Sei Mangkei

   
pkssiak.org, Medan - India  sebagai negara pembeli terbesar Crude Palm Oil (CPO) asal Indonesia, diajak Gubernur Sumatera Utara H Gatot Pujo Nugroho,ST berinvestasi di Kawasan Ekonomi Khusus Sei Mangkei. Peluang  investasi ini ditawarkan Gubsu kepada Wakil Menteri Luar India Negeri Rajiv Mehrishi beserta rombongan  pengusaha asal India di Hotel Grand Aston, Medan,  Selasa (16/7) .
Kehadiran Wakil Menlu India beserta rombongan dalam rangka Pertemuan Diaspora (warga etnis India yang sudah menyebar dari tempat asalnya- sebagai  kerjasama OIFC (Overseas Indian Facilitation Centre) dan Konsulat Jenderal India di Medan. Dalam pertemuan yang bertujuan mengembangkan hubungan ekonomi dan dagang India-Sumatera itu dihadiri Dubes India untuk Indonesia, Timor Leste dan ASEAN  H.E Gurjit Singh, Konsul Jenderal India di Medan Bashir Ahmed.
Dalam sambutannya saat membuka OIFC Diaspora Engagement tersebut,  Gubsu mengajak para pengusaha India untuk menanamkan modal khususnya di Kawasan Ekonomi Khusus Sei Mangkei yang akan menjadi pusat pengembangan turunan CPO. Terlebih lagi, India merupakan pembeli terbesar CPO Indonesia yang sebagian besar di produksi di Sumut.
“Sumatera Utara bermimpi menjadi pusat pertumbuhan ekonomi di Indonesia, kami mengundang investor India untuk menanamkan modal di KEK Sei Mangkei,” ujar Gubsu.
Gubsu juga memaparkan prospek ekonomi di Sumatera Utara yang semakin bersinar dengan kehadiran program Masterplan Percepatan Perluasan Pengembangan Ekonomi Indonesia (MP3EI) dengan dukunhan konektifitas melalui Pelabuhan Laut Kuala Tanjung dan Bandara Kuala Namu.
Gubsu mengucapkan terimakasih kepada warga keturunan India di Sumut yang telah menjadi pekerja keras dan memberi kontribusi bagi perekonomian daerah. Di juga mengungkapkan harapannya hubungan Sumut India yang diperkirakan sudah terjalin sejak abad ke 10.
Wakil Menteri Luar negeri Rajiv Mehrishi mengatakan Diaspora India merupakan salah satu yang  terbesar di dunia. Dia juga berharap keberadaan OIFC mampu menjadi mitra untuk mengembankan investasi India di berbagai negara termasuk Indonesia. Indonesia menurutnya strategis yang dibuktikan dengan peningkatan perdagangan bilateral yang meningkat dari 4,38 milyar  USD pada tahun 2005-2006 menjadi 21,3 milyar USD pada 2011-2012.
Sementara itu, Duta Besar India untuk Indonesia, Timor Leste dan ASEAN HE Gurjit Singh berjanji akan meningkatkan nilai investasi dari negaranya. Kami , ujarnya, memiliki Kadin yang kuat dan ekonomi kuat. India pembeli terbesar minyak sawit Indonesia, tapi kami akan tingkatkan hubungan yang ada dengan meningkatkan investasi. “Kami mengundang Kadin Indonesia datang di india, untuk belajar dan kami akan mendorong investor India berinvestasi di KEK  Sei Mangkei,” ujarnya.

0 Comments
Tweets
Komentar