Select Menu

Iklan 1080x90

SaintekSIROH

PKS BERKHIDMAT UNTUK RAKYAT

BERITA SIAK

FIQIH

SIROH

Kesehatan

Saintek

Video Pilihan

» » Mentan: Indonesia Berpotensi Jadi Eksportir Rempah Terbesar di Dunia

Mentan: Indonesia Berpotensi Jadi Eksportir Rempah Terbesar di Dunia


By: admin Kamis, 23 Mei 2013 0

pkssiak.org - Indonesia memiliki potensi menjadi negara eksportir rempah terbesar di dunia. Untuk itu perlu peningkatkan nilai  tambah dan daya saing produk rempah Indonesia dengan penarapan good agriculture practice (GAP), good handling practice (GHP), good manufacturing practice (GMP), dan good delivery practice (GDP), sehingga diperoleh kualitas rempah yang sesuai dengan standar yang dipersyaratkan pasar rempah dunia.

Menteri Pertanian RI Suswono mengungkapkan hal tersebut ketika membuka Agro and Food Expo 2013, Kamis (23/5) di Jakarta.

Mentan mengemukakan, nilai ekspor rempah saat ini menduduki posisi keempat terbesar dari seluruh produk pertanian Indonesia yang  diekspor ke luar negeri. Menurut data BPS, dalam kurun 2009-2011 volume  ekspor rempah Indonesia mencapai 41.462 ton dengan nilai AS$ 211,410 juta.

AS menjadi negara tujuan utama ekspor rempah-rempah Indonesia  dengan volume 18.959 ton atau senilai AS$ 121,177 juta.

Sementara itu hasil kajian Badan Pengembangan Ekspor Nasional (BPEN) menyebutkan pasar rempah dunia untuk Uni Eropa mengalami peningkatan 9 persen per tahun. Dan total ekspor rempah Indonesia ke Uni Eropa tahun 2010 mencapai AS$ 101,942 juta.

Perdagangan rempah dunia sendiri tumbuh 10,2 persen per tahun. Tahun 2010 nilai pasar rempah dunia mencapai AS$ 59,385 miliar. Tahun 2015 volumenya bakal melonjak menjadi 51,71 ribu ton dengan nilai AS$ 85,73 miliar.

“Rempah Indonesia menyumbang 9 persen dari total pasar rempah dunia,” imbuh Suswono.

Lada dan Pala Unggulan

Mentan menjelaskan, rempah Indonesia yang diperdagangkan di pasar internasional meliputi lada, pala, vanila, kayu manis, cengkeh, kunyit, dan jahe. Lada dan pala merupakan komoditas utama dalam perdagangan rempah-rempah dunia. Bahkan lada, yang dijuluki King of Spices, merupakan produk rempah tertua dan terpenting dalam perdagangan internasional.

“Lada dan pala ini merupakan produk ekspor unggulan Indonesia dibanding komoditas rempah lainnya,” jelas Suswono.[ist/tajuk.co]


DPD PKS Siak - Download Android App


«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
0 Comments
Tweets
Komentar